Nama Mahasiswa : Salman Aghniea
No. Registrasi : 5115107268
Email : approdite1992@gmail.com
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro Non-Regular 2010
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Tugas 1 : Penulisan Rancangan Artikel Jurnal
Judul Skripsi : "Pembuatan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik"
Penulis : IRWAN NURMANSYAH
Tahun : 2009
Bidang Studi : Pendidikan Teknik Elektro
Jurnal kependidikan / keteknikan : jurnal kependidikan
Dosen pembimbing skripsi :
- Pembimbing I : Dr. Bambang Dharma Putra, M.Pd
- Pembimbing II : Drs. Irzan Zakir, M.Pd
Alamat blog : elektrounj.blogspot.com
__________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________
TUGAS PEMBUATAN JURNAL
__________________________________________________________________________________
TUGAS 2
PENULISAN DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
1.2.
Identifikasi Masalah
1.3.
Pembatasan Masalah
1.4.
Perumusan Masalah
1.5.
Ruang Lingkup Penelitian
1.6.
Kegunaan Penelitian
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR
1.
Kajian Teori
1.1.
Hakikat Belajar
1.2.
Hakikat Metode Pembelajaran
1.3.
Hakikat Media Pembelajaran
1.3.1. Peranan Multimedia Pembelajaran Audio Visual (Suara dan Gambar)
dalam mengajar
1.3.2. Tahap Pembuatan CD Media Pembelajaran
Pengoperasian Motor Induksi 3 Fasa dengan Rangkaian Star – Delta secara
Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR)
1.4.
Hakikat Perangkat Lunak Power Point
1.5.
Hakikat Perangkat Lunak Flash
1.6.
Hakikat Perangkat Lunak Camtasia Studio
1.7.
Hakikat Motor Listrik Induksi 3 Fasa
1.8.
Hakikat Komponen Time Delay Relay (TDR)
2.
Kerangka Berfikir
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
1.1.
Tujuan Penelitian
1.2.
Tempat dan Waktu
1.3.
Metode Penelitian
1.4.
Prosedur Pengembangan Produk
1.5.
Teknik Evaluasi
1.6.
Populasi dan Sampling
1.7.
Instrumen Evaluasi
1.8.
Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN
1.1.
Karakter CD Media Pembelajaran
1.2.
Hasil Uji Coba / Evaluasi
1.3.
Diskusi Hasil Penelitian
BAB V KESIMPULAN,
IMPLIKASI DAN SARAN
1.1.
Kesimpulan
1.2.
Implikasi
1.3.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Silabus SMKN 5 Jakarta
2.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.
Penjelasan Diagram Proses Pembuatan CD Media
Pembelajaran
4.
Format Instrumen Evaluasi Untuk Guru
5.
Format Instrumen Evaluasi Untuk Siswa
6.
Rekapitulasi Hasil Evaluasi Guru
7.
Rekapitulasi Hasil Evaluasi Siswa
8.
Rekapitulasi Hasil Tes Evaluasi Siswa
_____________________________________________________________________________
TUGAS 3
TELAAH KEBAHASAAN
a. Perbaikan terhadap
minimal 10 kesalahan EYD skripsi yang ditelaah
1. 1. Melalui
pembuatan CD Media Pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin
Produksi dengan Kendali Elektromagnetik, proses pembelajaran diharapkan dapat
lebih baik lagi, tidak hanya terbatas pada pertemuan langsung antara guru dan
siswa di kelas tetapi juga dapat dikembangkan di luar kelas tanpa terhalang
oleh ruang dan waktu.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma sebelum kata “tetapi”
Melalui pembuatan
CD Media Pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi
dengan Kendali Elektromagnetik, proses pembelajaran diharapkan dapat lebih baik
lagi, tidak hanya terbatas pada pertemuan langsung antara guru dan siswa di
kelas, tetapi juga dapat dikembangkan di luar kelas tanpa terhalang oleh ruang
dan waktu.
2. CD pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan
Kendali Elektromagnetik mengambil kompetensi dasar Pengoperasian Motor Induksi
3 Fasa dengan Rangkaian Star – Delta Secara Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR).
Perbaikan : Huruf S pada kata “Secara”
ditulis dengan huruf kecil.
CD pembelajaran
untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan Kendali
Elektromagnetik mengambil kompetensi dasar Pengoperasian Motor Induksi 3 Fasa
dengan Rangkaian Star – Delta secara Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR).
3. 3. Sampel
yang digunakan satu kelas sebanyak sebanyak 20 orang.
Perbaikan : kata “sebanyak” ada dua
kata, seharusnya ada satu kata saja
Sampel yang
digunakan satu kelas sebanyak 20 orang.
4. 4. Instrumen
evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu untuk
evaluasi guru oleh guru dan evaluasi oleh para siswa.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma sebelum kata “yaitu”
Instrumen
evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu untuk
evaluasi guru oleh guru dan evaluasi oleh para siswa.
5. 5. Sedangkan
format instrument evaluasi untuk siswa terdiri dari 2 (dua) aspek utama yaitu
aspek aspek estetika dan prosedur.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma setelah kata “sedangkan” dan
pemakaian tanda koma sebelum kata
“yaitu”
Sedangkan,
format instrument evaluasi untuk siswa terdiri dari 2 (dua) aspek utama, yaitu
aspek aspek estetika dan prosedur.
6. 6. Validitas
menggambarkan kemampuan instrument utnuk mengukur sejauh mana pemahaman
responden terhadap istrumen yang diberikan.
Perbaikan : kata “utnuk” seharusnya
diketik “untuk”
Validitas
menggambarkan kemampuan instrument untuk mengukur sejauh mana pemahaman responden
terhadap istrumen yang diberikan.
7. 7. Selain
itu, juga diberikan kuisioner untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap
penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Perbaikan : kata
“kuisioner” seharusnya menjadi “kuesioner”
Selain itu, juga
diberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap penggunaan
media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
b. Mengubah catatan kaki
skripsi yang ditelaah menjadi daftar pustaka sesuai EYD
1 1. 1Ely, Gerlach. 1971. Teaching and Media Systematic Approach.
New Jersey: Prentice Hall Inc. p. 285
Menjadi :
Ely, Gerlach.
1971. Teaching and Media Systematic
Approach. New Jersey : Prentice Hall Inc.
2 2. 1Tayibnapis Farida, Evaluasi Program (Jakarta: PT. Rineka
Cipta, 2000) h.3
Menjadi :
Faried,
Tayibnapis. 2000. Evaluasi Program.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
3 3. 3Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R&D (Bandung: Alfabeta, 2006)h.299
Menjadi :
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta
4 4. Michael
J. Hanafian and Kyle L. Pack, The Design,
Development and Evaluation of Instructional Software, (New York : Macmilan
Publishing Company, 1988) hal.316
Menjadi :
Hanafian, J.
Michael and Pack, L. Keyle. 1988. The
Design, Development and Evaluation of Instructional Software. New York:
Macmilan Publishing Company.
__________________________________________________________________________________
TUGAS 4
LOGIKA KEBAHASAAN
Menuliskan contoh kesalahan
logika kebahasaan terutama di Bab I dan Bab II. Selanjutnya dilakukan
perbaikan.
1. Setelah
data diperoleh dari kegiatan evaluasi para ahli, evaluasi satu-satu, dan
evaluasi kelompok kecil, maka dilakukan penghitungan untuk mengetahui kualitas
program CAI.
Perbaikan :
Setelah data
diperoleh dari kegiatan evaluasi para ahli, evaluasi satu persatu, dan evaluasi
kelompok kecil, maka dilakukan penghitungan untuk mengetahui kualitas program
CAI.
2. Sedangkan
komentar yang diberikan para ahli tentang program dideskripsikan untuk
mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dalam memperbaiki kekurangan yang
terdapat pada media pembelajaran.
Perbaikan :
Sedangkan
komentar yang diberikan para ahli mengenai program akan dideskripsikan untuk
mengetahui langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan untuk memperbaiki
kekurangan yang terdapat dalam media pembelajaran.
3.
________________________________________________________________________________
TUGAS 5
PEMBENTUKAN ISTILAH DAN PENGEMBANGAN DEFINISI DALAM PENELITIAN
a. Membuat 5 Istilah di Bidang Teknik Elektro
dengan menerangkan logika kebahasaan yang digunakan untuk membentuk istilah
tersebut.
1. Teknik;
technique; ch di muka e menjadi k; artinya teknik
2.
Kuesioner; questionnaire;
q di muka u menjadi k; artinya alat riset atau survei
3.
b. Melihat definisi operasional istilah yang
ada pada skripsi yang ditelaah
1. Eksekusi
: Pelaksanaan putusan
2. Instrumen
: Sarana/alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu
3. Validitas
: Kesahihan, Fondasi, Legitimasi, Otoritas
4. Sampel
: Contoh
5. Interaksi
: Hubungan
_______________________________________________________________________________
TUGAS PEMBUATAN JURNAL
0 komentar:
Posting Komentar