468x60 ads




Salman Aghniea

Nama Mahasiswa : Salman Aghniea
No. Registrasi : 5115107268
Email : approdite1992@gmail.com
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro Non-Regular 2010 
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia

Tugas 1 : Penulisan Rancangan Artikel Jurnal


Judul Skripsi : "Pembuatan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik"
Penulis : IRWAN NURMANSYAH
Tahun : 2009
Bidang Studi : Pendidikan Teknik Elektro
Jurnal kependidikan / keteknikan : jurnal kependidikan
Dosen pembimbing skripsi :                                                                 
          - Pembimbing I : Dr. Bambang Dharma Putra, M.Pd
          - Pembimbing II : Drs. Irzan Zakir, M.Pd
Alamat blog : elektrounj.blogspot.com

__________________________________________________________________________________

TUGAS 2
PENULISAN DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN

ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
BAB I     PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang Masalah
1.2.    Identifikasi Masalah
1.3.    Pembatasan Masalah
1.4.    Perumusan Masalah
1.5.    Ruang Lingkup Penelitian
1.6.    Kegunaan Penelitian
BAB II    KAJIAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR
1.       Kajian Teori
1.1.    Hakikat Belajar
1.2.    Hakikat Metode Pembelajaran
1.3.    Hakikat Media Pembelajaran
1.3.1.  Peranan Multimedia Pembelajaran Audio Visual (Suara dan Gambar) dalam mengajar
1.3.2.  Tahap Pembuatan CD Media Pembelajaran Pengoperasian Motor Induksi 3 Fasa dengan Rangkaian Star – Delta secara Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR)
1.4.    Hakikat Perangkat Lunak Power Point
1.5.    Hakikat Perangkat Lunak Flash
1.6.    Hakikat Perangkat Lunak Camtasia Studio
1.7.    Hakikat Motor Listrik Induksi 3 Fasa
1.8.    Hakikat Komponen Time Delay Relay (TDR)
2.       Kerangka Berfikir

BAB III   METODOLOGI PENELITIAN
1.1.    Tujuan Penelitian
1.2.    Tempat dan Waktu
1.3.    Metode Penelitian
1.4.    Prosedur Pengembangan Produk
1.5.    Teknik Evaluasi
1.6.    Populasi dan Sampling
1.7.    Instrumen Evaluasi
1.8.    Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN
1.1.    Karakter CD Media Pembelajaran
1.2.    Hasil Uji Coba / Evaluasi
1.3.    Diskusi Hasil Penelitian
BAB V    KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
1.1.    Kesimpulan
1.2.    Implikasi
1.3.    Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN

1.       Silabus SMKN 5 Jakarta
2.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.       Penjelasan Diagram Proses Pembuatan CD Media Pembelajaran
4.       Format Instrumen Evaluasi Untuk Guru
5.       Format Instrumen Evaluasi Untuk Siswa
6.       Rekapitulasi Hasil Evaluasi Guru
7.       Rekapitulasi Hasil Evaluasi Siswa
8.       Rekapitulasi Hasil Tes Evaluasi Siswa


_____________________________________________________________________________

TUGAS 3
TELAAH KEBAHASAAN

a.        Perbaikan terhadap minimal 10 kesalahan EYD skripsi yang ditelaah

1.   1. Melalui pembuatan CD Media Pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan Kendali Elektromagnetik, proses pembelajaran diharapkan dapat lebih baik lagi, tidak hanya terbatas pada pertemuan langsung antara guru dan siswa di kelas tetapi juga dapat dikembangkan di luar kelas tanpa terhalang oleh ruang dan waktu.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma sebelum kata “tetapi”
Melalui pembuatan CD Media Pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan Kendali Elektromagnetik, proses pembelajaran diharapkan dapat lebih baik lagi, tidak hanya terbatas pada pertemuan langsung antara guru dan siswa di kelas, tetapi juga dapat dikembangkan di luar kelas tanpa terhalang oleh ruang dan waktu.

    2. CD pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan Kendali Elektromagnetik mengambil kompetensi dasar Pengoperasian Motor Induksi 3 Fasa dengan Rangkaian Star – Delta Secara Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR).
Perbaikan : Huruf S pada kata “Secara” ditulis dengan huruf kecil.
CD pembelajaran untuk standar kompetensi mengoperasikan Mesin Produksi dengan Kendali Elektromagnetik mengambil kompetensi dasar Pengoperasian Motor Induksi 3 Fasa dengan Rangkaian Star – Delta secara Otomatis dengan menggunakan Time Delay Relay (TDR).

3.       3. Sampel yang digunakan satu kelas sebanyak sebanyak 20 orang.
Perbaikan : kata “sebanyak” ada dua kata, seharusnya ada satu kata saja
Sampel yang digunakan satu kelas sebanyak 20 orang.

4.   4. Instrumen evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu untuk evaluasi guru oleh guru dan evaluasi oleh para siswa.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma sebelum kata “yaitu”
Instrumen evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu untuk evaluasi guru oleh guru dan evaluasi oleh para siswa.

5.   5. Sedangkan format instrument evaluasi untuk siswa terdiri dari 2 (dua) aspek utama yaitu aspek aspek estetika dan prosedur.
Perbaikan : Pemakaian tanda koma setelah kata “sedangkan” dan pemakaian tanda koma sebelum kata “yaitu”
Sedangkan, format instrument evaluasi untuk siswa terdiri dari 2 (dua) aspek utama, yaitu aspek aspek estetika dan prosedur.

6. 6. Validitas menggambarkan kemampuan instrument utnuk mengukur sejauh mana pemahaman responden terhadap istrumen yang diberikan.
Perbaikan : kata “utnuk” seharusnya diketik “untuk”
Validitas menggambarkan kemampuan instrument untuk mengukur sejauh mana pemahaman responden terhadap istrumen yang diberikan.

7.  7. Selain itu, juga diberikan kuisioner untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Perbaikan : kata “kuisioner” seharusnya menjadi “kuesioner”
Selain itu, juga diberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.



b.      Mengubah catatan kaki skripsi yang ditelaah menjadi daftar pustaka sesuai EYD

1    1. 1Ely, Gerlach. 1971. Teaching and Media Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc. p. 285
Menjadi :
Ely, Gerlach. 1971. Teaching and Media Systematic Approach. New Jersey : Prentice Hall Inc.


2   2.       1Tayibnapis Farida, Evaluasi Program (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000) h.3
Menjadi :
Faried, Tayibnapis. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

3   3.       3Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2006)h.299
Menjadi :
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

4   4.       Michael J. Hanafian and Kyle L. Pack, The Design, Development and Evaluation of Instructional Software, (New York : Macmilan Publishing Company, 1988) hal.316
Menjadi :
Hanafian, J. Michael and Pack, L. Keyle. 1988. The Design, Development and Evaluation of Instructional Software. New York: Macmilan Publishing Company.


__________________________________________________________________________________


TUGAS 4
LOGIKA KEBAHASAAN

Menuliskan contoh kesalahan logika kebahasaan terutama di Bab I dan Bab II. Selanjutnya dilakukan perbaikan.
1.       Setelah data diperoleh dari kegiatan evaluasi para ahli, evaluasi satu-satu, dan evaluasi kelompok kecil, maka dilakukan penghitungan untuk mengetahui kualitas program CAI.
Perbaikan :
Setelah data diperoleh dari kegiatan evaluasi para ahli, evaluasi satu persatu, dan evaluasi kelompok kecil, maka dilakukan penghitungan untuk mengetahui kualitas program CAI.

2.       Sedangkan komentar yang diberikan para ahli tentang program dideskripsikan untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dalam memperbaiki kekurangan yang terdapat pada media pembelajaran.
Perbaikan :
Sedangkan komentar yang diberikan para ahli mengenai program akan dideskripsikan untuk mengetahui langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat dalam media pembelajaran.

3.        
 ________________________________________________________________________________

TUGAS 5
PEMBENTUKAN ISTILAH DAN PENGEMBANGAN DEFINISI DALAM PENELITIAN

a.    Membuat 5 Istilah di Bidang Teknik Elektro dengan menerangkan logika kebahasaan yang digunakan untuk membentuk istilah tersebut.
1.       Teknik; technique; ch di muka e menjadi k; artinya teknik
2.       Kuesioner; questionnaire; q di muka u menjadi k; artinya alat riset atau survei
3.        



b.      Melihat definisi operasional istilah yang ada pada skripsi yang ditelaah
1.       Eksekusi : Pelaksanaan putusan
2.       Instrumen : Sarana/alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu
3.       Validitas : Kesahihan, Fondasi, Legitimasi, Otoritas
4.       Sampel : Contoh
5.       Interaksi : Hubungan


_______________________________________________________________________________

TUGAS PEMBUATAN JURNAL 



0 komentar:

Posting Komentar