468x60 ads




Reza Pahlevi Wijaya

Nama Mahasiswa      : Reza Pahlevi Wijaya
No. Registrasi
           : 5115107249
Email
                         : rezawidjaya21@yahoo.com
Prodi
                          : Pendidikan Teknik Elektro Non-Regular 2010 
Mata Kuliah
              : Bahasa Indonesia

Tugas 1 : Penulisan Rancangan Artikel Jurnal

Judul Skripsi : "HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK "
Penulis : FIRDAUS
Tahun : 2010
Bidang Studi : Pendidikan Teknik Elektro
Jurnal kependidikan / keteknikan : jurnal kependidikan
Dosen pembimbing skripsi :                                                                 
          - Pembimbing I : Dr. Sri Sujanti, M.Pd
          - Pembimbing II : Drs. Irzan Zakir, M.Pd
Alamat blog : http://www.elektrounj.blogspot.com



______________________________________________________________________________
TUGAS 2
PENULISAN DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN

DAFTAR ISI
                                                                                                                             Halaman

ABSTRAK.............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................... iii
HALAMAN PERNYATAAN................................................................. iv
KATA PENGANTAR............................................................................. v
DAFTAR ISI.......................................................................................... vii
DAFTAR TABEL.................................................................................... x
DAFTAR GAMBAR.............................................................................. xi
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................... xii

BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah............................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah............................................. ...................... 3
C.     Pembatasan Masalah.................................................................. 4
D.    Perumusan Masalah.................................................................... 4
E.  Tujuan Penelitian.......................................................................... 4
            F.  Penggunaan Penelitian................................................................... 5

BAB II KAJIAN TEORITIS, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS PENELITIAN
A.    Kajian Teoritis
1.      Hakikat Kemampuan Numerik.................................................... 6
2.      Hakekat Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik.................. 8
a.       Hasil Belajar.......................................................................... 8
b.      Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik....................... 9
c.       Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik......................... 11
B.     Kerangka Berfikir
1.      Hubungan Antara kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik........................................................................................ 11
C.    Hipotesis Penelitian...................................................................................... 14
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian........................................................... 15
B.     Metode Penelitian........................................................................ .. 15
C.    Populasi, sampel dan Teknik Pengambilan data........................... .... 15
D.    Variabel Penelitian........................................................................... 15
E.     Definisi Operasional........................................................................ 16
F.     Instrumen Penelitian......................................................................... 16
1.      Mengukur Kemampuan Numerik............................................... 16
2.      Tes Menganalisis Rangkaian Listrik............................................ 17
G.    Uji Persyaratan Analisis............................................................................... 20
H.    Teknik Analisa Data.................................................................................... 22
BAB IV HASIL PENELITIAN
A.    Deskripsi Data
1.      Skor Kemampuan Numerik...................................................... 24
2.      Skor Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik..................... 25
B.     Pengujian Persyaratan Analisis Data
1.      Pengujian Normalis................................................................... 27
2.      Pengujian Linieritas................................................................... 28
C.     Pengujian Hipotesis.................................................................................... 29
D.    Pembahasan Hasil Penelitian....................................................................... 30
E.     Keterbatasan.............................................................................................. 31


BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
A.    Kesimpulan............................................................................................... 32
B.     Implikasi................................................................................................... 32
C.    Saran........................................................................................................ 33

DAFTAR PUSTAKA............................................................................. 34

LAMPIRAN.......................................................................................... 36


DAFTAR LAMPIRAN
                                                                                                                         Halaman
Lampiran 1.     Kisi-kisi tes kemampuan numerik                                                36
Lampiran 2.     Instrumen soal kemampuan numerik                                            37
Lampiran 3.     Kunci Jawaban Soal Kemampuan Numerik                                40
Lampiran 4.     Kisi-kisi Tes Soal menganalisis Rangkaian Listrik                         41
Lampiran 5.     Instrumen soal menganalisis rangkaian listrik                                42
Lampiran 6.     Kunci jawaban tes soal menganalisis rangkaian listrik                   49
Lampiran 7.     Data skor uji coba kemampuan numerik                                      50
Lampiran 8.     Data skor uji coba hasil belajar menganalisis rangkaian listrik       52
Lampiran 9.     Rumus Taraf kesukaran dan Daya pembeda soal                         54
Lampiran10.    Hasil perhitungan taraf kesukaran dan daya pembeda instrumen kemampuan numerik                                                                                     55
Lampiran 11.   Hasil perhitungan taraf kesukaran dan daya pembeda instrumen menganalisis rangkaian listrik                                                                          57
Lampiran 12.   Persiapan uji reliabilitas instrumen Kemampuan Numerik dan menganalisis rangkaian listrik                                                                          59
Lampiran 13.   Rumus Perhitungan Koefisien Reliabilitas Untuk Uji Coba Instrumen Numerik Dan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik ( Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah )                                                                  60
Lampiran 14.   Perhitungan koefisien reliabilitas untuk uji coba instrumen kemampuan numerik                                                                                     61
Lampiran 15.   Perhitungan koefisien reliabilitas untuk uji coba instrumen hasil belajar menganalisis rangkaian listrik                                                      62
Lampiran 16.   Data skor kemampuan numerik dan hasil belajar menganalisis rangkaian listrik                                                                                         63
Lampiran 17.   Perisapan Untuk Mencari Simpangan Baku Skor Kemampuan Numerik (X) Dan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik (Menganalisis Rangkaian Listrik DC) (Y)                                                                         64
Lampiran 18.   Rumus dan Perhitungan Median, Modus, Rata-rata dan Simpangan Baku Untuk Data Kemampuan Numerik                                             65
Lampiran 19.   Perhitungan daftar distribusi frekuensi kemampuan numerik          67
Lampiran 20.   Rumus dan Perhitungan Median, Modus, Rata-rata dan Simpangan Baku Untuk data hasil Belajar menganalisis rangkaian listrik                 68
Lampiran 21.   Perhitungan daftar distribusi frekuensi hasil belajar menganalisis rangkaian listrik                                                                                         70
Lampiran 22.   Cara Pengujian Normalitas Kemampuan Numerik                       71
Lampiran 23.   Perhitungan Pengujian Normalitas Kemampuan Numerik             72
Lampiran 24.   Hasil Uji Normalitas Hasil Tes Kemampuan Numerik                   74
Lampiran 25.   Cara Pengujian Normalitas Menganalisis rangkaian listrik             75
Lampiran 26.   Perhitungan Pengujian Normalitas Menganalisis rangkaian listrik                                                                                          76            
Lampiran 27.   Hasil Uji Normalitas Hasil Tes
                          Menganalisis rangkaian Listrik                                                    78
Lampiran 28.   Persiapan uji linierits kemampuan numerik dan menganalisis
rangkaian listrik                                                                          79
Lampiran 29.   Perhitungan uji linieritas data kemampuan numerik dan menganalisis rangkaian listrik                                                                          80
Lampiran 30.   Perhitungan persamaan regesi linier                                              81
Lampiran 31.   Perhitungan persamaan regesi linier Y topi                                    82
Lampiran 32.   Perhitungan pengujian korelasi                                                     83
Lampiran 33.   Uji t                                                                                             84
Lampiran 34.   Koefisien Determinasi                                                                  85
Lampiran 35.   Tabel Normal Distribusi z                                                             86
Lampiran 36.   Tabel t                                                                                         87
Lampiran 37.   Tabel kritis uji Liliefors                                                                 88
Lampiran 38.   Tabel Distribusi F                                                                        89
Lampiran 39.   Tabel Distribusi Normal Baku                                                      92
___________________________________________________________________________

TUGAS 3
TELAAH KEBAHASAAN

a. Perbaikan terhadap minimal 10 kesalahan EYD skripsi yang ditelaah
                        
Daftar Kesalahan :

1.      (Hal 1, Paragraf 1, baris ke-1)
-          bola dunia makin
(kata ‘makin’ seharusnya menjadi semakin)

2.      (Hal 1, Paragraf 4, baris ke-1)
-          adalah dikemukakan oleh
(kataadalahseharusnya dihilangkan)

3.      (Hal 22, Paragraf 2, Baris ke-4)
-          moment
(sebaiknya diubah menjadi momen)

4.      (Hal 30, Paragraf 1, Baris ke-6)
-          dicapai oleh siswa maka, semakin
(Seharusnya “dicapai oleh siswa, maka semakain)

5.      (Hal 30, Paragraf 1, Baris ke-10)
-          mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik diperlukan kemampuan dasar berhitung
(kata ‘diperlukan seharusnya diubah menjadi memerlukan)

6.      (Hal 30, Paragraf 1, Baris ke-15)
-          Setiap perhitungan diperlukan ketelitian dan kecermatan
(kata diperlukan seharusnya diubah menjadi memerlukan)

7.      (Hal 32, Paragraf 2, Baris ke-1)
-          hubungan positip antara kemampuan
(kata “positip” seharusnya diubah menjadi positif )

8.      (Hal 32, Paragraf 2, Baris ke-6)
-          Jika nilai kemampuan numerik tinggi maka nilai hasil belajar menganalisis rangkaian listrik tinggi pula
(seharusnya setelah kata “rangkaian listrik” ditambahkan kata “akan”)

9.       (Hal 33, Paragraf 1, Baris ke-3, No.1)
-          sebagai stimulus respon siswa untuk belajar sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung (sebaiknya ditambahkan kata “memulai” setelah kata “sebelum”)

10.  (Hal 33, Paragraf 2, Baris ke-1, no.2)
-          Untuk siswa disarankan sering banyak berlatih soal-soal
(kata berlatih diubah menjadi “latihan”)

b. Mengubah catatan kaki skripsi yang ditelaah menjadi daftra pustaka sesuai EFD

1.       Suharsimi Arikunto.Manajemen Penelitian(Jakarta: Rineka Cipta, 200) h.330
Suharsimi Arikunto. 2000. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
2.       Arif Budiman.Tes Intelegensi (Bandung: Pionir Jaya 2006).hh.58-59
Budiman, Arif. 2006. Tes Intelegensi. Bandung: Pionir Jaya.
3.       Indra Darmawan. Tes Potensi Akademik. (Jakarta: Pustaka Widyatama 2006).hh.11-15
     Darmawan, Indra. 2006. Tes Potensi Akademik. Jakarta: Pustaka Widyatama.

TUGAS 4
LOGIKA KEBAHASAAN

Menuliskan contoh kesalahan logika kebahasaan terutama di Bab I dan Bab II. Selanjutnya dilakukan perbaikan.
1.      Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi
Perbaikan:
Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya membuat seakan bola dunia terasa semakin sempit dan ruang seakan tak berjarak lagi.

2.      Anak didik atau siswa juga menggunakan hasil teknologi maju, misalnya menggunakan alat komputasi elektronik dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka seperti pada mata pelajaran ilmu pasti
Perbaikan:
Anak didik atau siswa juga dapat menggunakan hasil teknologi yang maju, misalnya dapat menggunakan alat komputasi elektronik untuk menyelesaikan soal pada mata pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka, seperti pada mata pelajaran ilmu pasti.

3.      Salah satu faktor yang dominan dalam dunia pendidikan adalah terkait dengan kecerdasan atau intelegensi.
Perbaikan:
Salah satu faktor yang paling dominan dalam dunia pendidikan adalah hal yang terkait dengan kecerdasan atau intelegensi.
TUGAS 5
PEMBENTUKAN ISTILAH DAN PENGEMBANGAN DEFINISI DALAM PENELITIAN

aa)      Membuat 5 Istilah di Bidang Teknik Elektro dengan menerangkan logika kebahasaan yang digunakan untuk membentuk istilah tersebut.

1.      Distribusi; distribution = pembagian
2.      Product; Produk = hasil
3.      Numerik = Angka


bb)      Melihat definisi operasional istilah yang ada pada skripsi yang ditelaah

1.      Komputasi            : Hal-hal yang sudah berhubungan dengan komputer
2.      Isolasi                   : pemisahan
3.      Korelasi                : hubungan
4.      Manual                 : dilakukan sendiri



JURNAL

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK

Firdaus
Alumni angkatan 2005
Sri Suyanti
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Irzan Zakir
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Reza Pahlevi Wijaya
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Nomor Registrasi 5115107249

Jurnal Bidang Kependidikan

Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta 13220

ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between numerical ability to analyze the learning result of electrical circuit. This research was conducted 1 class at SMK Negeri 34 Kramat – Raya, Central Jakarta and the sample taken 20 students. The instrument used in this research is the numerical ability test and achievement test to analyze electrical circuits. Reliability obtained for the numerical capabilities of 0.91 and 0.9 for analyzing electric circuits. Normality test calculations Liliefors test with significance level α = 0.05 was obtained Lhitung (0.0008) < Ltabel (0.19) then the data is normal. Normality test calculations Liliefors test with significance level α = 0.05 was obtained Lhitung (0.0641) < Ltabel (0.19) then the data is normal.
Data result of the numerical ability, the highest score of 25 and a score of 16 with the lowest score – average of 20.6, standard deviation of 2.31 . Data to analyze the result of the electrical circuit, the highest score of 24 and the lowest score at 16 with the score – average of 19.8 , standard deviation of 2.0 .
The calculation of linearity test with signifience level α = 0.05 , F value obtained (0.72) < Ftable (3.60) then the regression and numerical ability to analyze linear electric circuits.  Hypothesis testing conducted with the result of product moment formula rxy = 0.9052 and t test (9.0362) > t table (1.73), the significant correlation between the ability of numerical analyze electrical circuit and the regression equation = 5.64 + 0.68 x


PENDAHULUAN
            Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi. Cara pandang terhadap duniapun sudah berubah. Dampak kemajuan teknologi pun semakin mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupannya, misalnya melakukan komunikasi dengan sesamanya di lokasi yang berbeda dan jarak sangat jauh satu sama lain yaitu dengan alat komunikasi elektonik yang canggih serta alat-alat bantu antara lain robotisasi dalam dunia industri serta membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian yang cukup tinggi. Dalam uraian tersebut manusia dapat mengambil keuntungan dari hasil kemajuan teknologi tersebut.
            Hasil teknologi banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik di industri maupun perorangan sebagai alat bantu di dunia pendidikan kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk mempermudah melaksanakan pembelajaran dengan harapan menghasilkan anak didik yang berkualitas. Anak didik atau siswa juga menggunakan hasil teknologi maju, misalnya menggunakan alat komputasi elektronik dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka seperti pada mata pelajaran ilmu pasti, penggunaan kalkulator dapat berdampak positif dapat pula berdampak begatif, misalnya siswa cenderung untuk 

malas berfikir dalam usaha memecahkan yang menyangkut perhitungan sederhana.
            Salah satu faktor yang dominan dalam dunia pendidikan adalah terkait dengan kecerdasan atau intelegensi. Banyak teori para pakar seputar kecerdasan, salah satu contoh utama adalah William Stern yang berpendapat bahwa inti kecerdasan dibawa sejak lahir. Berdasar pendapat Stern kemudian dikembangkan oleh pakar lainnya untuk menguji kecerdasan bawaan seseorang. Melalui berbagai metode dan analisis pengukuran, dikenal hasil pengukuran inteligensi umum yang kemudia dikenal dengan IQ (intellegence Quotient).
            Kemampuan seseorang (Intellegence Quotient) adalah dikemukakan oleh Gardner (dalam Gagne, 1993) tentang multiple intellegence. Gardner mengidentifikasi sebanyak tujuh domain tentang inteligensi, yaitu: (1) linguistic, (2) musical, (3) logical-mathematical, (4) the spatial, (5) the bodily-kinesthetic, (6) interpersonal, dan (7) intrapersonal.
            Di dalam program keahlian instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 34 Jakarta Pusat, mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik merupakan standar kompetensi yang kompetensi dasarnya yaitu : Teori dasar elektronika, Menganalisis rangkaian listrik arus searah, menganalisis rangkaian listrik arus bolak-balik.

METODOLOGI PENELITIAN
1.      Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMK N 34 Jakarta Pusat. Penelitian dimulai pada tanggal 22 Maret 2010 sampai dengan 22 Mei 2010

2.      Metodologi Penelitian
Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Menurut Suharsimi Arikunto, penelitian deskriptif merupakan penelitian bukan eksperimen karena tidak dimaksudkan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan, penelitian desktiptif hanya bermaksud menggambarkan atau menerangkan gejala.
3.      Populasi, Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel
Populasi penelitian adalah siswa SMK N 34 Jakarta Pusat kelas 1 pada program keahlian Teknik Instalasi Listrik sampell penelitian berjumlah 20 siswa yang diambil sampel secara acak.

4.      Variabel Penelitian
1.      Variabel Bebas
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan numerik
2.      Variabel Terkait
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar menganalisis rangkaian listrik.
5.      Definisi Operasional Variabel
1.      Kemampuan Numerik
Yang dimaksud kemampuan numerik adalah kemampuan siswa untuk mengerjakan soal hitungan sederhana secara manual yaitu penjumlahan, pengurangan, pembagian, pengkuadratan dan aplikasinya.

2.      Menganalisis Rangkaian Listrik
Yang dimaksud dengan hasil belajar menganalisis rangkaian listrik adalah hasil tes menganalisa rangkaian listrik arus searah, meliputi ranah kognitif.
6.      Uji Persyaratan Analisis
Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu; uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui apakah data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji liliefors dengan kriteria  <  pada taraf signifikan α = 0.05 yang berarti populasi berdistribusi normal.
Dengan kriteria pengujian distribusi dianggap normal jika Lo < Lt . Setelah uji normalitas maka dilakukan uji linieritas yaitu untuk mengetahui karakteristik sebuah data dua variabel apakah ada hubungan linier atau tidak dengan menggunakan tabel Anava untuk uji kelinieran regresi. Perhitungan keberartian regresi dan linieritas dilakukan dengan menggunakan analisis Anava.

7.      Teknik Analisis Data
Teknik analisis data dipergunakan untuk uji hipotesis, data yang diperoleh disusun dan ditabulasikan, maka diperoleh data kemampuan numerik berdasarkan skor tes kemampuan numerik (X) dan data hasil belajar menganalisis rangkaian listrik berdasarkan skor tes hasil belajar menganalisis rangkaian listrik (Y).
            Selanjutnya bila berdistribusi normal dan linier maka untuk pengujian hipotesis penelitian ini digunakan teknik korelasi product moment dan pearson dengan rumus : 
 
Keterangan :
r           : koefisien korelasi product moment
Ʃxy     : jumlah perkalian antara jumlah nilai kemampuan numerik dengan jumlah nilai hasil belajar menganalisis rangkaian listrik
Ʃx       : jumlah kemampuan numerik
        : jumlah kuadrat nilai kemampuan numerik
            Ʃy       : jumlah nilai hasil belajar menganalisis rangkaian listrik
Ʃ      : jumlah kuadrat nilai hasil belajar menganalisis rangkaian listrik
n          : jumlah sampel
untuk menguji koefisien korelasi dalam penelitian ini digunakan uji t dengan α = 0.05 yaitu;
t Hitung : t =
keterangan :
t : Koefisien Hitung / Uji T
r : Koefisien Korelasi
n : Jumlah Sampel
Tolak Ho jika T hitung > T tabel
HASIL PENELITIAN
1.      Skor Kemampuan Numerik
Dari data hasil penelitian jumlah sampel yang mengikuti tes kemampuan numerik sebanyak 20 siswa pada kelas 1L2 dengan jumlah item 25 butir soal. Skor tertinggi 25 dan skor terendah 16.
            Dari hasil perhitungan diperoleh data penelitian tentang hasil tes kemampuan numerik dengan skor rata-rata sebesar 20,6 simpangan baku sebesar 2,31 , median pada skor 20 dan modusnya adalah skor 21. Dari data yang diperoleh dapat dibuat distribusi frekuensi. Tabel 4.1. mnunjukan data hasil perhitungan distribusi frekuensi tes kemampuan numerik.
Tabel 4.1 Distribusi frekuensi tes kemampuan numerik
 
Kelas Interval
Batas Nyata
Frekuansi Absolut
Frekuansi Relatif
Bawah
Atas
16-17
15.5
17.5
2
10.00%
18-19
17.5
19.5
3
15.00%
20-21
19.5
21.5
8
40.00%
22-23
21.5
23.5
4
20.00%
24-25
23.5
25.5
3
15.00%
Ʃ
20
100%


Dari tabel 4.1, terlihat bahwa sebagian besar siswa mencapai skor 20-21 sebanyak 8 orang atau 40%, skor terendah diperoleh antara skor 16-17 sebanyak 2 orang atau 10%, sedangkan skor tertinggi yang diperoleh siswa mencapai skor 24-25 sebanyak 3 orang atau 15%. Dari tabel 4.1 Distribusi frekuensi di atas dapat dibuat histogram skor kemampuan numerik seperti di tunjukan pada gambar 1.



Gambar 1. Histogram Skor Kemampuan Numerik


1.      Skor Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik
Dari data hasil penelitian jumlah sampel yang megikuti tes menganalisis rangkaian listrik sebanyak 20 siswa pada kelas 1L2 dengan jumlah item 25 butir soal. Skor tertinggi 24 dan skor terendah 16.
                        Dari hasil perhitungan diperoleh data penelitian tentang hasil tes menganalisis rangkaian listrik dengan skor rata-rata sebear 19,6, simpangan baku sebesar 1,96, median pada skor 20,5 dan modusnya adalah skor 20,25 (perhitungan lampiran 20, halaman 69). Dari data yang diperoleh dapat dibuat distribusi frekuensi (perhitungan lihat lampiran 21, halaman 70). Tabel 4.2. menunjukan data hasil perhitungan distribusi frekuensi tes menganalisis rangkaian listrik.

Tabel 4.2 Distribusi frekuensi tes menganalisis rangkaian listrik
Kelas Interval
Batas Nyata
Frekuensi Absolut
Frekuesi Relatif
Bawah
Atas
16-17
15,5
17,5
2
10.00%
18-19
17,5
19,5
8
15.00%
20-21
19,5
21,5
6
40.00%
22-23
21,5
23,5
3
20.00%
24-25
23,5
25,5
1
15.00%
Ʃ
20
100%
Dari tabel 4.2, terlihat bahwa sebagian besar siswa mencapai skor 18-19 sebanyak 8 orang atau 40%, skor terendah diperoleh antara skor 16-17 sebanyak 2 orang atau 10%, sedangkan skor tertinggi yang diperoleh siswa mencapai skor 24-25 sebanyak 1 orang atau 10%.
Dari tabel 4.2 Dari daftar distribusi frekuensi di atas maka dapt dibuat histogram skor hasil belajar menganalisis rangkaian listrik seperti di tunjukan pada gambar 2.

PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
            Dari hasil pengujian hipotesis terlihat bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan numerik dengan hasil belajar menganalisa rangkaian listrik. Seperti yang ditunjukan oleh persamaan hasil perhitungan regresi  dimana semakin tinggi skor kemampuan numerik (X) yang dicapai oleh siswa maka, semakin tinggi pula skor hasil belajar menganalisis rangkaian listrik (Y) yang dicapai oleh siswa tersebut. Antara kemampuan numerik dan menganalisis rangkaian listrik memiliki hubungan positif yang besar yaitu 0,9052. Hal ini terjadi karena dalam mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik diperlukan kemampuan dasar berhitung penjumlahan, pengurangan, pembagian, pertambahan, akar kuadrat, pengkuadratan dan aplikasi. Setiap perhitungan diperlukan ketelitian dan kecermatan yang akurat dalam penyelesaian soal yang berhubungan dengan angka.
KESIMPULAN DAN SARAN
1.      KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan penelitian dalam skripsi ini dengan menggunakan teknik regesi dan korelasi, dapat dirumuskan keismpulan sebagai berikut:
            Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positip antara kemampuan numerik dengan hasil belajar menganalisis rangkaian listrik, yang ditunjukan oleh koefisien korelasi liniear sederhana . Jika nilai kemampuan numerik tinggi maka nilai hasil belajar menganalisis rangkaian listrik tinggi pula dan koefisien determinasi sebesar 0.90522 x 100% hal tersebut menunjukan bahwa kontribusi kemampuan numerik terhadap hasil belajar menganalisis rangkaian listrik sebesar 81,93%.
            Hal tersebut berarti kemampuan numerik secara nyata ikut menentukan dan memberikan sumbangan yang berarti terhadap hasil belajar menganalisis rangkaian listrik.

2.      SARAN
Berdasarkan kesimpulan penelitian, dapat dirumuskan beberapa saran sebagai berikut:
1.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam setiap mata pelajaran yang menggunakan perhitungan sebaiknya peserta didik atau guru harus banyak memberikan latihan-latihan soal perhitungan sederhana sebagai stimulus respon siswa untuk belajar sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung.
2.      Untuk siswa disarankan sering banyak berlatih soal-soal perhitungan sederhana dirumah agar tidak ketergantungan dengan alat berhitung atau yang disebut kalkulator.
3.      Untuk peneliti yang akan datang sebaiknya melakukan penelitian di satu sekolah jurusan listrik sebagai subyek penelitian dan instrumennya pada mata pelajaran yang lain.
DAFTAR PUSTAKA
Agoes, Dario. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.
Basuki, Kuswantoro. 1998. Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Hasil Belajar Mekanik Teknik. Jakarta: FT-UNJ.
Budiman, Arif. 2006. Tes Intelegensi. Bandung: Pionir Jaya.
Darmawan, Indra. 2006. Tes Potensi Akademik. Jakarta: Pustaka Widyatama.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewa ketut sukardi. 2003. Analisa Tes Psikologi. Jakarta: Rineka Indah.
Djoko, Santoso, dkk. 2006. Teori Dasar Rangkaian Listrik. Jakarta: Pustaka Pena.
Fasikhah. 2009. Analisis Indikator, Identifikasi Cerdas Istimewa, dan Prestasi Belajar pada Siswa Akselerasi dan Reguler. Malang: Fakultas Psikologi UMM.
Nana, Sudjana. 2005.  Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja. Bandung: Rosda Karya
Reynolds, David. 2001. Buku Effective Teaching : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Robby, Gustom. 2004. Hubungan Antara Hasil Belajar Rangkaian Listrik 1 Dengan Kemampuan Numerik. Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Roestiyah.NK. 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.
Sarlito, W. Sarwono. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: Grafindo.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharsimi Arikunto. 2000. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
                        . 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
                        . 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutomo. 1985. Teknik Penilaian Pendidika. Surabaya: Bina Ilmu.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syaodih, Nana. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
William H. Hayt. 1982. Rangkaian Listrik 1. Jakarta: Erlangga.








0 komentar:

Posting Komentar