468x60 ads




Alfi Aries Prasetya

Nama Mahasiswa : Alfi Aries Prasetya
No. Registrasi : 5115107292
Email : alfiariesprasetya@yahoo.com
Prodi : Pendidikan Teknik Elektro Non-Regular 2010 
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia


Tugas 1 : Penulisan Rancangan Artikel Jurnal


Judul Skripsi : "Korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelakasnaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)"
Penulis : SUSANTI
Tahun : 2008
Bidang Studi : Pendidikan Teknik Elektronika
Jurnal kependidikan / keteknikan : jurnal kependidikan
Dosen pembimbing skripsi :                                                                 
          - Pembimbing I : Drs. Mufti Mas'un M.Pd
          - Pembimbing II : Drs. Wisnu Djatmiko, M.Pd
Alamat blog : elektrounj.blogspot.com



__________________________________________________________________________________

TUGAS 2
PENULISAN DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN


DAFTAR ISI
                                                                                                                                    Hal.

ABSTRAK…………………………………………………………………….......... i
ABSTRACT……………………………………………………………………….....ii
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI…………………………………………....... iii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………...... iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………....... v
DAFTAR TABEL……………………………………………………………….........viii
DAFTAR GAMBAR……………………………………………………………....... ix
DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………........x

BAB I.             PENDAHULUAN…………………………………………….........  1
A.    Latar Belakang Masalah……………………………………….......1
B.     Identifikasi Masalah……………………………………………......6
C.     Pembatasan Masalah…………………………………………........6
D.    Perumusan Masalah……………………………………………..... 7
E.     Penggunaan Penelitian………………………………………….......7

BAB II.           Kerangka Teoritik, Kerangka Berpikir, dan Hipotesis
Penelitian………………………………………………………….... 8

A.    Kerangka Teori………………………………………………....... 8
1.      Hakikat Hasil belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar
Listrik dan Elektronika……………………………………...... 8
a.       Hakikat Hasil Belajar………………………………….......8
b.      Hakikat Hasil belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar
Listrik dan Elektronika…………………………………...15
c.       Pengukuran Hasil belajar Mata Pelajaran Konsep
Dasar Listrik dan Elektronika………………………….....16

2.      Hakikat Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)……....18
a.       Pengertian Pendidikan Sistem Ganda (PSG)…………......20
b.      Karakteristik Pendidikan Sistem Ganda (PSG)………......21
c.       Metoda Pendidikan Sistem Ganda (PSG)……………......21
d.      Pengujian dan Sertifikasi Pendidikan
Sistem Ganda (PSG)………………………………….....23
e.       Peraturan Pendukung Pendidikan
Sistem Ganda (PSG)………………………………….....24
f.       Nilai Tambah Pendidikan Sistem Ganda (PSG)……….......24
g.      Insentif Pendidikan Sistem Ganda (PSG)……………........27
h.      Kelembagaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)………......28

BAB III.         METODOLOGI PENELITIAN………………………………......33
A.    Tujuan Penelitian………………………………………………...33
B.     Tempat dan Waktu Penelitian………………………………….....33
C.     Metode Penelitian…………………………………………….....33
D.    Definisi Operasional Variabel………………………………….....34
E.     Populasi, Sampel Penelitian, dan Teknik Pengambilan
Sampel………………………………………………………….35
F.      Disain Penelitian………………………………………………....35
G.    Instrumen Penelitian……………………………………………..36
H.    Teknik Pengumpulan Data…………………………………….....36
I.       Uji Coba Instrumen……………………………………………. 36
1.      Uji Coba Reabilitas…………………………………………37
2.      Analisis Butir Instrumen Penelitian……………………….......38
3.      Hipotesis Statistik…………………………………………...40
4.      Analisis Data………………………………………………..41
a.       Uji Persyaratan Analisis………………………………... 41
1.      Uji Normalitas………………………………………41
2.      Uji Linearitas………………………………………..42
b.      Uji Hipotesis………………………………………….... 44
J.       Teknik Analisis Data…………………………………………... ..45



BAB IV.         HASIL PENELITIAN…………………………………………… 46
A.    Deskripsi Data………………………………………………….46
1.      Data Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar Listrik
dan Elektronika Siswa SMK………………………………. 48
2.      Data Hasil Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
yang dilakukan di PT.Astrindo Senayasa Jakarta………….....50 
B.     Uji Persyaratan Analisis………………………………………....52
1.      Uji Normalitas dengan Uji Lifliefors……………………........52
2.      Uji Linearitas Regresi Sederhana…………………………....53
C.     Pengujian Hipotesis………………………………………….....55
D.    Analisis Hasil Penelitian………………………………………....56
E.     Keterbatasan Penelitian………………………………………....57

 BAB V.           KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN…………………..58
A.    Kesimpulan……………………………………………………..58
B.     Impllikasi……………………………………………………….59
C.     Saran…………………………………………………………..59

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………. 61
LAMPIRAN-LAMPIRAN……………………………………………... 63



DAFTAR LAMPIRAN
                                                                                                                                    Hal.
Lampiran 1.     Validitas Instrumen………………………………………………..    L-1
Lampiran 2.     Data Uji Coba Instrumen Mata Pelajaran Konsep
Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………..   L-7
Lampiran 3.     Kisi-Kisi Soal Mata Pelajaran Konsep
                        Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………..   L-8
Lampiran 4.     Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………… L-10
Lampiran 5.     Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………… L-16
Lampiran 6.     Data Uji Coba Instrumen Mata Pelajaran Konsep
Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………..   L-17
Lampiran 7.     Daftar Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Dasar Listrik dan Elektronika……………………………………… L-18
Lampiran 8.     Daftar Penilaian Hasil Pelaksanaan PSG di PT. Astrindo
                        Senayasa Jakarta…………………………………………………   L-19
Lampiran 9.     Perhitungan Reabilitas Instrumen Hasil Belajar
Mata Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika…………….. L-20
Lampiran 10.   Taraf Kesukaran dan Daya Pembeda……………………………….L-22
Lampiran 11.   Data Hasil Penelitian Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Dasar Listrik dan Elektronika dan Data Hasil Pelaksanaan PSG….    L-26
Lampiran 12.   Distribusi Frekuensi Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Listrik dan Elektronika…………………………………………….. L-27
Lampiran 13.   Distribusi Frekuensi Hasil Pelaksanaan PSG………………………    L-29
Lampiran 14.   Uji Normalitas Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep
                        Listrik dan Elektronika……………………………………………   L-31







___________________________________________________________________________

TUGAS 3
TELAAH KEBAHASAAN

a.        Perbaikan terhadap minimal 10 kesalahan EYD skripsi yang ditelaah

                        
Daftar Kesalahan :
1.      (Hal 2, Paragraf 1, baris ke-4)
-          Dimasa yang mendatang
(kata ‘yang’ seharusnya dihilangkan)

2.      (Hal 1, Paragraf 2, baris ke-5)
-          Keahlian professional
(huruf ‘s’ pada kata professional harusnya satu saja)

3.      (Hal 3, Paragraf 1, Baris ke-6)
-          Biarpun ditunjang
(sebaiknya kata ‘biarpun’ diganti dengan ‘walaupun’)

4.      (Hal 5, Paragraf 1, Baris ke-5)
-          jakarta
(kata ‘jakarta’ seharusnya huruf awalnya diawali dengan huruf besar’Jakarta’)

5.      (Hal 5, Paragraf 1, Baris ke-8)
-          Distributor resmi mainboard
(kata ‘mainboard’ harusnya dicetak miring)

6.      (Hal 10, Paragraf 1, Baris ke-3)
-          Sehingga saling mentafsirkan
(kata ‘mentafsirkan’ seharusnya menafsirkan)

7.      (Hal 12, Paragraf 3, Baris ke-8)
-          Selain memahami materi secara mendalam siswa juga dapat menerapkan
(setelah kata ‘mendalam’ seharusnya diberi tanda koma (,) )

8.      (Hal 16, Paragraf 1, Baris ke-5)
-          Proses belajar mengajar
(seharusnya diberi tanda strip (-) pada kata belajar mengajar)

9.       (Hal 19, Paragraf 1, Baris ke-3)
-          PSG terdiri dari sub system
(kata ‘system’ seharusnya diganti dengan huruf ‘i’ bukan ‘y’)

10.  (Hal 19, Paragraf 1, Baris ke-13, no.4)
-          Secara langsung pada setting yang nyata
(kata ‘setting’ sehaarusnya diganti dengan kata ‘tempat’)

b.      Mengubah catatan kaki skripsi yang ditelaah menjadi daftar pustaka sesuai EYD

a
1.      Oemar Hamalik, Porses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h. 79.
      Hamalik,Oemar.2009. Porses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
2.      Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009), h. 1.
      Syah,Muhibbin.2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
3.      H. M. Alisuf Sabri, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya, 1999), h.  33.
      Sabri, H. M. Alisuf.1999. Ilmu Pendidikan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.
__________________________________________________________________________________


TUGAS 4
LOGIKA KEBAHASAAN

Menuliskan contoh kesalahan logika kebahasaan terutama di Bab I dan Bab II. Selanjutnya dilakukan perbaikan.

1.      Walaupun tidak terlihat bentuk bahaya – bahayanya kecelakaan yang kecil dan besar, namun pada dasarnya kecelakaan tersebut tidak dikehendaki.
Perbaikan :                       
Meskipun tidak terlihat bentuk bahaya dari kecelakaan yang kecil dan besar, namun pada dasarnya kecelakaan tersebut tidak dikehendaki.
       
2.      Keselamatan dan kesehatan kerja tidak saja penting dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan para pekerjanya akan tetapi jauh dari itu keselamatan dan kesehatan kerja berdampak positif atas keberlanjutan produktivitas kerja.
Perbaikan :
Keselamatan dan kesehatan kerja tidak saja penting dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan para pekerjanya. Akan tetapi lebih dari pada itu, keselamatan dan kesehatan kerja akan berdampak positif terhadap keberlanjutan produktivitas kerja.
3.      Keselamatan kerja tentunya bisa terlaksana dengan baik, apabila meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan dalam melakukan setiap pekerjaan.
Perbaikan :
Keselamatan kerja akan terlaksana dengan baik apabila meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan dalam melakukan setiap pekerjaan.
4.      Teknik Instalasi Listrik adalah sebuah mata kuliah praktik yang memerlukan keterampilan. Keterampilan tersebut tidak hanya terampil dalam menyelesaikan suatu job atau pekerjaan tetapi juga terampil dalam menerapkan keselamatan kerja pada pelaksanaan praktek teknik instalasi listrik.
Perbaikan :
Teknik Instalasi Listrik adalah sebuah mata kuliah praktik yang memerlukan keterampilan Keterampilan tersebut meliputi keterampilan dalam menyelesaikan suatu job atau pekerjaan, dan keterampilan dalam menerapkan keselamatan kerja pada pelaksanaan praktek Teknik Instalasi Listrik.
5.      Meskipun demikian masih memungkinkan timbulnya kecelakaan, kerugian atau hasil yang kurang memuaskan.
Perbaikan :
Meskipun demikian masih memungkinkan timbulnya kecelakaan, kerugian dan hasil yang kurang memuaskan.
________________________________________________________________________________

TUGAS 5
PEMBENTUKAN ISTILAH DAN PENGEMBANGAN DEFINISI DALAM PENELITIAN

a.    Membuat 5 Istilah di Bidang Teknik Elektro dengan menerangkan logika kebahasaan yang digunakan untuk membentuk istilah tersebut.

1.      Grounding = pentanahan
2.       Distribusi; distribution = pembagian
3.       Supply = menyediakan
4.       Konduktor; conductor = petunjuk/ alat penulis
5.      Fleksibel; flexible = mudah disesuaikan
           
b.      Melihat definisi operasional istilah yang ada pada skripsi yang ditelaah


1.      Galvanisasi    : penyepuhan/ pelapisan
2.      Isolasi             : pemisahan
3.      safety             : keselamatan
4.      Perisai            : pelindung diri
5.      Rating            : harga batas

 
                                                       JURNAL

 Korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelakasnaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
                (Studi Kasus di PT. Astrindo Senayasa Jakarta)

Susanti
Alumni Angkatan 2008 Program Studi Teknik Elektronika  dan
 karyawam PT. Astrindo Senayasa Jakarta

Mufti Mas'un
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika.

Wisnu Djatmiko
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika

Alfi Aries Prasetya
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Noreg 5115107292
Universitas Negeri Jakarta
                               Jl. Rawamangun Muka, Jakarta 13220


ABSTRACT

   SUSANTI, The Correlation between Result of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK student with Their Result of Doing Dual System Education (Study Case in Astrindo Senayasa Company) Thesis, Jakarta: Specific Major  in Education on Elecronic Technology, Majoring Electronic Technology, Faculty of Technology, University Negeri Jakarta, February 2008.

            The purpose of this research is find out the correlation between Result of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK student with Their Result of Doing Double System Education.
            This research was conducted of second grade student in SMK Perguruan Cikini and SMK Taruna Bangsa Bekasi which doing Doble System Education in Astrindo Senayasa Company. Method for this research is correlation descriptive, and sampling technique is cluster because sampling to 10 student.Data of independent variable (Result of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK student) collect from Test Student Result with 20 question test. For data of dependent variable (Result of Doing Double System Education).
             Score had student of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK are test with a  formula K-R20 and get r= 0,421, in that score is explained the instrument of test have a enough reabilitas. Countered test normality are used a=0,05. Data on Result of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK student has Lo= 0,2015 with L1=0,2580, so that Lo<L1, and it so that data distributed normally. Data Result of Doing Double System Education has Lo=0,2582 with L1= 0,2580, so that Lo<L1, and it so that data distributed normally. On simple regression test, we get the equation of  Ŷ= 51,550+0,393X with F0  = 56,880 and Ft = 0,285, so that koefisien regression passed. Linearity test has F0=0,472 and Ft = 9,01 with a=0,05, 5 as dk numerator and 3 as dk denominator, which have Fhitung >Ftabel . Result from  hypothesis, we get rxy =0,935, it shows that correlation between variables is high. The conclution of this research that there’s a positive correlation between Result of Learning Electronic and Electrical Basic Concept in SMK student with Their Result of Doing Double System Education in Astrindo Senayasa Company.


Key Word : Result of Learning, Electronic and Electrical Basic Concept, SMK, Result of Doing, Dual System Education      
 
PENDAHULUAN

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses untuk mengaktualisasikan semua potensi yang dibawa semenjak lahir agar menjadi kemampuan nyata dan pewaris norma serta nilai yang sudah dimiliki oleh kehidupan manusia pada suatu generasi ke generasi berikutnya. Kemampuan nyata tersebut maksudnya untuk menyesuaikan dengan lingkungan dan kemampuan-kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Pelaksanaan pendidikan yang berlangsung disekolah dan diluar sekolah sebagai factor utama pembangunan sumber daya manusia harus mampu secara aktif berperan membentuk peserta didik menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu sumber daya manusia dengan keahlian professional yang dimilkikinya dapat menjadi produktif dan berpenghasilan, serta mampu menciptakan produk unggul industry yang siap menghadapi persaingan di dunia kerja.
Untuk dapat menghadapi persaingan di dunia kerja yang sangat kompetitif ini, Indonesia memerlukan keunggulan. Faktor utama yang menentukan keunggulan adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan tenaga kerja yang terampil dan menguasai IPTEK maka akan dapat menghasilkan produk maupun jasa yang layak untuk diunggulkan pada persaingan pasar global, baik masa kini maupun dimasa yang akan datang.
Untuk menghadapi persaingan pasar global ini, maka akan sangat diperlukan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional sebagai andalan utama menentukan keunggulan, karena kadar keahlian profesional tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi akan menentukan mutu, biaya produksi, efesiensi waktu, dan penampilan akhir produk produksi yang menjadi faktor penentu kemampuan bersaing.
Keahlian professional yang harus dikuasai pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat (arts). Unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari disekolah, sedangkan unsure kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai melalui proses pembiasan (habit forming) dan internalisasi. Unsur kiat yang menjadi faktor utama penetu kadar keprofesionalan seseorang haya dapat dikuasai melalui cara megerjakan secara langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri, karena itulah tumbuh suatu ukuran keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. Sehingga dapat menerapkan unsur ilmu pengetahuan dan teknik yang didapatkan selama disekolah dan unsur kiat(art) yang dipraktekan di industri untuk mencapai keahlian profesional itu sendiri.



Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang bertujuan membentuk sumber daya manusia yang diharapkan mempunyai keahlian profesional, dalam pelaksanaannya masih mempunyai permasalahan yang harus diperhatikan. Sebagai contoh pada pelajaran praktek kejuruan yang disajikan di lembaga pendidikan (Sekolah Menengah Kejuruan) biarpun ditunjang dengan peralatan yang lengap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan dasar-dasar keterampilan dan situasi tiruan (simulasi), karena itu sulit diharapkan untuk dapat membentuk keahlian profesional pada diri siswa.
Untuk memasuki dunia kerja, siswa di lembaga pendidikan (SMK) tidak hanya dituntut mempunyai kecerdasan intelektual namun harus mempunyai kemampuan dasar. Tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Attitude (sikap). Ketiga hal tersebut tidak semua dapat dipenuhi dibangku sekolah. Oleh karena itu, siswa perlu mengaplikasikan ilmu pengetahuannya di dinia kerja yang sesungguhnya.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah suatu penyelenggaraan bentuk keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan disekolah dan program keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat tertentu. Secara teknis, siswa SMK dalam jangka waktu tertentu dikirim kedunia usaha untuk melaksanakan pekerjaan tertentu sesuai dengan bidang keahliannya.
Program Pendidikan Sistem Ganda ini merupakan program bersama antara SMK dengan perusahaan. Program ini akan terlaksana apabila ada kesediaan dari pihak perusahaan untuk menjadi institusi pasangan  dari sebuah SMK. Apabila sudah ada kesediaan dari pihak perusahaan, maka kewajiban dari pihak SMK adalah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan dunia industri.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat dididentifikasikan masalahnya sebagai berikut :
1.      Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi hasil Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)?
2.      Adakah hubungan antara kemampuan belajar Penerapan Konsep dasar Listrik dan Elektronika dengan Hasil Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda(PSG)?
3.      Berapa besar kontribusi hasil belajar Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika terhadap hasil pelaksanaan Pendidikan Sitem Ganda (PSG)?


C.     Pembatasan masalah

Mengingat keterbatasan waktu dan objek penelitian serta kemampuan peneliti, maka penelitian diabatasi pada permasalahan terdapatnya korelasi anatara hasil belajar mata pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelaksanaan Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilakukan di PT. Astrindo Senayasa Jakarta.

D.    Perumusan Masalah

Dari pembatasan masalah tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut: “Apakah terdapat korelasi positif antara anatara hasil belajar mata pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelaksanaan Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilakukan di PT. Astrindo Senayasa Jakarta?

E.     Kegunaan Penelitian

Penelitian ini diharapkan berguna untuk :

1.      Memberikan masukan kepada sekolah terutama kepada  guru yang mengajar mata pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika.
2.      Dapat digunakan sebagai acuan kepada perusahaan, terutama di PT. Astrindo
Senayasa Jakarta agar dalam penerimaan siswa SMK dalam program PSG, diperhatikan juga nilai mengajar mata pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronikanya.

METODE PENELITIAN
   
  Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas II SMK Perguruan Cikini dan SMK Taruna Bangsa Bekasi yang sedang mengikuti Pendidikan Sistem Ganda di PT. Astrindo Senayasa Jakarta. Dilanjutkan dengan pengambilan data penelitian, kemudian dilakukan analisis dan pembuatan laporan penelitian.
   Metodologi Penelitian

    Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif konvisional dengan teknik pengambilan-pengambilan sampel digunakan klaster sample karena sampel terdiri dari 10 orang siswa. Data variabel bebas(hasil belajar mata pelajaran konsep dasar listrik dan elektronika pada siswa SMK), diperoleh dari hasil tes dengan jumlah 20 soal. Untuk data variabel terikat(hasil pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)), diperoleh dari data penilaian supervisior tempat siswa SMK melaksanakan PSG.

KESIMPULAN DAN SARAN
   KESIMPULAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelakasnaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu, dapat disimpulkan bahwa :
1.      Hasil belajar Mata  Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelakasnaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sangat berhubungan erat. 
2.      Terdapat peningkatan hasil belajar berdasarkan hasil distribusi data dan frekuensi, hasil belajar teori membaca gambar teknik siswa dengan nilai rata-rata sebesar 75,73, nilai rata-rata praktik membaca gambar teknik listrik sebesar 75,36 dan nilai rata-rata hasil belajar praktik memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana 77,6.
3.      Besarnya korelasi antara hasil belajarMata  Pelajaran Konsep Dasar Listrik dan Elektronika di SMK dengan Hasil Pelakasnaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bisa dipastikan 87,5%.
  SARAN
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka peneliti menyarankan agar dalam proses belajar mengajar guru lebih memperhatikan bagaimana agar siswa pada saat proses belajar mengajar disekolah, sehinnga dalam dunia kerja, siswa dapat menerima dengan baik dan mampu bersaing secara global di dunia industri.
Sangat dibutuhkan peran guru yang intensif serta minat siswa yang besar untuk mewujudkannya.


    Daftar Pustaka

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hakim, Thursan. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hutabarat, E.P. (1985). Cara Belajar. Jakarta: Bpk Gunung Mulia.
Kuncono.(2004). Analisis Butir. Jakarta: PT Neo Dunia Damai.
Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Ali. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Sabri, Alisuf H. M. (1999). Ilmu Pendidikan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

      




0 komentar:

Posting Komentar